Iklan

Gunung Merbabu Kebakaran, Warga Dievakuasi ke Balai Desa

Monday, November 6, 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2024-04-27T09:20:17Z


BATAVIAPOST.COM - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengumumkan bahwa warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, dievakuasi sebagai dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Merbabu.


"BPBD Kabupaten Semarang mengevakuasi warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, ke aula Balai Desa Batur karena asap pekat kebakaran menyebar hingga permukiman warga," ujar Muhari, Sabtu (28/10/2023). 


Pada saat laporan terakhir hingga Sabtu (28/10) pukul 12.00 WIB, api belum dapat dipadamkan, sehingga BPBD Kabupaten Semarang sementara waktu mengevakuasi warga ke aula Balai Desa Batur karena asap tebal dari kebakaran telah menyebar ke permukiman warga.


Kebakaran pertama kali terdeteksi pada Jumat (27/10) pagi di wilayah Dusun Sokowulu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kemudian, api merembet ke wilayah Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan karena angin yang kencang.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang, Mediarso, menjelaskan bahwa upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan melalui penyemprotan air, pembuatan sekat bakar, dan gepyok, yang merupakan upaya memukulkan ranting dan dahan basah. 


Mediarso mengatakan, "Kebakaran kali ini memiliki intensitas api yang lebih besar, dan kondisi angin cukup kencang. Kami khawatir api akan terus merembet bahkan sampai ke wilayah Magelang."


Selain kondisi cuaca yang tidak menguntungkan, jumlah personel yang terbatas dan medan yang sulit di lokasi kejadian juga menjadi hambatan bagi Satgas Karhutla Kabupaten Semarang dalam upaya pemadaman kebakaran hutan kali ini.


"Melihat kondisi di lapangan, kami berencana untuk mengajukan bantuan water bombing ke BNPB. Kami juga membutuhkan tambahan masker dan logistik," tambah Mediarso.


Sumber: viva.co.id

Komentar

Tampilkan

Terkini