Iklan

Militer Israel Sindir PBB: Minta ke Hamas Kalau Mau Bahan Bakar

Wednesday, October 25, 2023, October 25, 2023 WIB Last Updated 2024-03-10T07:22:43Z



THE BATAVIA POST - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyindir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meminta bahan bakar ke milisi Hamas Palestina jika ingin memberikannya untuk warga di Jalur Gaza.

"Minta Hamas jika mau bahan bakar," tulis IDF di sosial media, seperti dikutip Reuters, Rabu (25/10).

Sindiran militer Tel Aviv disampaikan setelah badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) memperingatkan bahwa operasi pengiriman bantuan kepada warga di Gaza bakal terhenti pada Rabu (25/10) malam jika tak ada pasokan bantuan bahan bakar yang masuk.

Militer Israel kemudian mengunggah ulang unggahan UNRWA sambil mengatakan bahwa Hamas punya lebih dari 500 ribu bahan bakar di tank-tank di Gaza. IDF pun menganjurkan UNRWA meminta bahan bakar dari tank itu ke Hamas.

Sejak perang Israel vs Hamas pecah 7 Oktober lalu, warga di Gaza menjadi korban paling terdampak, terutama karena blokade total Negeri Zionis.

Warga Gaza kehabisan stok air, makanan, listrik, obat-obatan, hingga bahan bakar untuk bertahan hidup.

Per Sabtu (21/10), truk-truk bantuan kemanusiaan sebetulnya sudah mulai memasuki Gaza melalui Rafah, perbatasan daerah kantong itu dengan Mesir.

Kendati begitu, tak ada bahan bakar yang masuk bersama dengan konvoi tersebut lantaran Israel tak mengizinkan.

Israel menilai bahan bakar yang masuk ke Gaza hanya akan dipakai Hamas untuk menjalankan operasinya menyerang mereka.

"Bensin tidak akan memasuki Gaza. Hamas mengambil bensin untuk infrastruktur militernya," kata juru bicara IDF, Daniel Hagari, pada Selasa (24/10). 


Sumber: CNN Indonesia

Komentar

Tampilkan

Terkini