Iklan

Bintang Komedi TV Friends Matthew Perry Meninggal Dunia pada Usia 54 Tahun

Friday, October 27, 2023, October 27, 2023 WIB Last Updated 2024-03-10T06:20:14Z


Aktor Amerika Serikat, Matthew Perry, yang terkenal karena memerankan Chandler Bing yang bijaksana dalam sitkom TV tahun 90-an, Friends, telah meninggal dunia pada usia 54 tahun.


Aktor ini ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles, kata sumber penegak hukum kepada media AS.


Friends, yang mengikuti nasib enam teman muda yang tinggal di New York City, ditayangkan dari tahun 1994 hingga 2004.


Episode terakhirnya ditonton oleh 52,5 juta orang di AS, menjadikannya episode TV yang paling banyak ditonton pada tahun 2000-an.


LA Times dan TMZ, yang pertama kali melaporkan bahwa Perry telah meninggal dunia, mengatakan bahwa sang aktor ditemukan dalam keadaan tidak responsif di dalam bak mandi air panas di rumahnya.


Juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles mengatakan kepada BBC bahwa petugas pertama kali mendatangi sebuah alamat di daerah Pacific Palisades, terkait "keadaan darurat air" yang belum diketahui jenisnya, namun tidak menyebutkan nama Perry.


Warner Bros, yang memproduksi acara yang sudah berlangsung lama dan tayangan ulangnya secara global dicintai oleh generasi baru pemirsa, menggambarkan Perry sebagai "hadiah sejati bagi kita semua".


Lahir di Massachusetts pada tahun 1969, Perry dibesarkan di Ottawa, Kanada, di mana ia bersekolah di sekolah dasar bersama Justin Trudeau, yang kemudian menjadi perdana menteri Kanada.


Pemimpin Kanada ini menulis di X: "Meninggalnya Matthew Perry sangat mengejutkan dan menyedihkan. Saya tidak akan pernah melupakan permainan di halaman sekolah yang biasa kami mainkan, dan saya tahu orang-orang di seluruh dunia tidak akan pernah melupakan kegembiraan yang ia berikan kepada mereka. Terima kasih untuk semua tawa, Matthew. Kamu dicintai - dan kamu akan dirindukan."


Perry pindah ke Los Angeles saat masih remaja. Dia berperan sebagai Chazz Russell dalam Boys Will Be Boys dan juga memiliki peran dalam berbagai acara termasuk Growing Pains.


Namun, dia menjadi bintang internasional di Friends, sebuah acara yang mengikuti kehidupan enam warga New York yang menavigasi kencan, karier, dan persahabatan.


Komedi yang dibintangi oleh Jennifer Aniston, Courteney Cox, David Schwimmer, Matt LeBlanc, dan Lisa Kudrow ini menjadi salah satu acara paling sukses sepanjang masa.


Baru-baru ini, acara ini mengalami kebangkitan kembali, menjadi favorit Generasi Z ketika mulai ditayangkan di Netflix pada tahun 2015.


Perry berperan sebagai Chandler Bing yang canggung, yang terkenal dengan kalimat-kalimat sarkastik dan perilaku kekanak-kanakannya bersama teman sekamarnya, Joey Tribbiani. Peran tersebut membuatnya mendapatkan nominasi Emmy pada tahun 2002.


Namun, saat berada di puncak ketenarannya, Perry berjuang melawan kecanduan obat penghilang rasa sakit dan alkohol, dan beberapa kali mendatangi klinik rehabilitasi.


Pada tahun 2016, ia mengatakan kepada BBC Radio 2 bahwa ia tidak dapat mengingat tiga tahun syuting Friends, karena minuman dan obat-obatan.


Dalam sebuah wawancara tahun lalu, dia berbicara tentang bagaimana dia tidak menonton acara tersebut.


"Saya tidak menonton acara itu, dan belum pernah menonton acara itu, karena saya bisa saja, 'Minum, opiat, minum, kokain,'" katanya. "Saya bisa mengetahui musim demi musim, dari penampilan saya. Itulah mengapa saya tidak ingin menontonnya, karena itulah yang saya lihat.


"Tapi saya pikir saya akan mulai menontonnya karena ini merupakan hal yang luar biasa untuk menyaksikannya menyentuh hati generasi yang berbeda."


Perry mengalami masalah kesehatan termasuk usus besar yang pecah pada tahun 2018 karena penggunaan narkoba, yang mengharuskannya menjalani beberapa kali operasi.


Wartawan hiburan Sean Mandell menggambarkan perasaan yang luar biasa di Los Angeles sebagai "keterkejutan" dan "respons di mana-mana" karena tidak percaya Perry telah meninggal.


Dia mengatakan kepada BBC News bahwa Perry memainkan peran penting dalam kesuksesan Friends dan merupakan seseorang yang "berada di pusat kemudi".


"Karakternya memiliki kombinasi sempurna antara keputihan, tetapi juga hati yang tulus dan membumi," katanya.


Perry juga muncul dalam beberapa film, termasuk Fools Rush In, Almost Heroes dan The Whole Nine Yards - tetapi tidak pernah menemukan proyek layar lebar yang bisa menyamai kesuksesan dan ketenaran yang ia dapatkan di Friends.


Namun, karya TV-nya di kemudian hari meraih beberapa pujian.


Perannya sebagai penasihat Gedung Putih, Joe Quincy, dalam The West Wing karya Aaron Sorkin membuatnya meraih dua nominasi Emmy untuk aktor tamu terbaik dalam serial drama pada tahun 2003 dan 2004. Dia memainkan peran utama dalam serial Sorkin selanjutnya, Studio 60 On The Sunset Strip, kemudian menulis dan memproduksi acaranya sendiri yang berjudul Mr Sunshine di mana dia juga berperan sebagai karakter utama.


Proyek TV terakhirnya yang signifikan - selain reuni Friends - adalah reboot TV dari The Odd Couple, yang tayang di layar kaca Amerika selama tiga musim. Pada tahun 2017, Perry menulis di Twitter bahwa ia mengetahui bahwa proyek tersebut dibatalkan saat ia tiba di lokasi syuting dan menemukan wajahnya di pintu panggung telah dicat dengan cat hijau.


Maggie Wheeler, yang memerankan mantan pacar Chandler yang bermasalah, Janice, di Friends, adalah lawan main Perry yang pertama kali memberikan penghormatan secara terbuka kepada sang aktor.


Wheeler mengatakan bahwa kegembiraan yang diberikan Perry kepada "begitu banyak orang" dalam "masa hidupnya yang terlalu singkat akan terus hidup".


"Saya merasa sangat diberkati oleh setiap momen kreatif yang kami bagikan," tulisnya di Instagram.


Morgan Fairchild yang memerankan ibu Perry di layar kaca dan penulis novel erotis Nora Bing, mengatakan: "Saya sangat sedih dengan kematian 'putra' saya, Matthew Perry yang terlalu cepat."


"Kehilangan aktor muda yang brilian ini sangat mengejutkan," tambahnya.


Aktris Cruel Intentions, Selma Blair, mengatakan bahwa Perry adalah "teman laki-laki tertuanya", dan menambahkan: "Kita semua mencintai Matthew Perry, dan saya khususnya. Setiap hari. Saya mencintainya tanpa syarat. Dan dia saya.


"Dan saya hancur. Patah hati. Mimpi indah Matty. Mimpi indah."


Sumber: BBC

Komentar

Tampilkan

Terkini