Iklan

Sudirman Said Sebut Bodoh Tutup Komunikasi dengan Lawan

Friday, December 29, 2023, December 29, 2023 WIB Last Updated 2024-03-10T08:41:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Sudirman Said

THE BATAVIA POST
- Co-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said meyakini pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan masuk putaran kedua Pilpres 2024. Paling tidak, itu terlihat dari hasil survei sejumlah lembaga.


Karena itu, Sudirman menilai, langkah yang keliru bila Timses maupun partai politik pendukung malah menutup komunikasi dengan semua pihak termasuk dua pasangan calon lainnya, yakni Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. 


Ini sekaligus menyoroti pernyataan Waketum NasDem Ahmad Ali yang malah mau menutup komunikasi dengan calon lain.


"Saya tidak paham kenapa Saudara Wakil Ketua Umum yang menjabat sebagai Pelatih Kepala Timnas AMIN kok seperti anomali. Ucapan-ucapannya provokatif dan memancing keresahan bahkan di antara relawan dan pendukung Anies-Muhaimin, pun di antara partai-partai pengusung," kata Sudirman Said dalam keterangannya, Rabu (27/12).


Eks Menteri ESDM itu mengatakan, mengenal baik elite NasDem termasuk Ketum, Surya Paloh. 


Dalam berbagai kesempatan perbincangan, para elite punya perspektif luas dalam mengelola kompetisi politik. Tidak fatalis dan tidak melihat lawan sebagai musuh.


"Apakah ini sejenis 'role playing'. Sampai-sampai saya kok tidak yakin bahwa ucapan dan tindakan Ahmad Ali mewakili sikap dan kebijakan Partai. Mungkin ini lebih pada sikap pribadi, tetapi karena personality-nya orang-orang internal partai sudah tidak tertarik lagi mengingatkan," jelas dia.


Sudirman khawatir bila sikap ini terus terjadi malah memecah belah para pendukung hingga relawan yang sudah bekerja kerja di lapangan. Terlebih, ucapan Ahmad Ali tidak mencerminkan kepribadian dan tata nilai politik Anies-Cak Imin yang selama ini sudah dibangun.



"Sama sekali salah kalau Ali menyebutnya sebagai ketololan. Bacalah sejarah, dalam perang sengit yang melibatkan persenjataan pun ada kurir yang terus menjalin komunikasi di antara yang sedang berperang," jelas dia.


"Kami sangat berharap Partai NasDem dan seluruh anggota koalisi dapat bersikap lebih simpatik, lebih dewasa, lebih sejuk menjaga kompetisi," ucap dia.


Sebelumnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud sama-sama diserang Gibran Rakabuming Raka soal sejumlah singkatan dalam debat cawapres. Sejumlah pihak menilai, keduanya bisa bekerja sama untuk menyerang balik di kesempatan berbeda.


Namun, hal itu ditolak oleh Waketum Partai NasDem yang juga Kepala Pelatih Timnas AMIN, Ahmad Ali. Dia menilai, saat ini Anies-Imin sedang berkompetisi dengan Prabowo dan Ganjar, jadi tak mungkin untuk bergabung.


"Lawannya Anies ini Prabowo dan Ganjar, terus mau berkomunikasi? Apa nggak ada orang paling tolol, ya itulah kalau ada orang melakukan itu," kata Ali kepada wartawan di Jagakarsa.


Sumber: Kumparan



Komentar

Tampilkan

Terkini