Iklan

Ganjar: Pencegahan Stunting sejak dalam Kandungan

Sunday, December 17, 2023, December 17, 2023 WIB Last Updated 2024-04-27T09:08:55Z

Ganjar Pranowo The Batavia Post

BATAVIAPOST.COM - Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan pencegahan stunting bisa dilakukan sejak anak masih berada dalam kandungan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri acara senam pagi di Alun-alun Hasibuan, Kota Bekasi pada Sabtu 16 Desember 2023.


"Bapak-bapak perhatikan kalau ada ibu hamil, istrinya yang hamil perhatikan, antar periksa rutin ke dokter. Kasih asupan gizi yang baik. Maka kalau periksanya rutin, asupan gizinya rutin, kita sudah bisa mencegah stunting. Dan stunting itu dicegah mulai sejak dalam kandungan," kata mantan Gubernur Jawa Tengah ini.


Selanjutnya kata Ganjar, anak yang lahir kemudian diberikan ASI eksklusif, sehingga yang bisa diperbaiki adalah kehidupan selama 1.000 pertama.


"Anak usia 1.000 hari pertama, itulah kita mencegah agar dia (bayi) tidak terkena stunting. Itu yang mesti jadi perhatian," jelas Ganjar.


Janji untuk Nelayan dan Petani


Ganjar juga bercerita dirinya berkeliling di Kabupaten Bekasi hingga ke Karawang, dan bertemu dengan para nelayan yang mengharapkan agar masalah BBM bisa dicari jalan keluarnya. Dia berjanji akan membereskan masalah tersebut termasuk masalah lainnya.


"Izin kapal yang masih rumit diberikan kepada mereka, kita akan bereskan. Kita harus sat set merespon," tegas Ganjar.


Hal-hal teknis inilah yang akan pertama kali mereka (Ganjar-Mahfud) kerjakan jika mendapat amanah untuk menjadi presiden-wakil presiden RI.


Ganjar juga flashback saat debat perdana beberapa waktu lalu terkait tentang permasalahan pupuk. 


"Pupuknya mahal pak, obatnya mahal, kenapa harga panennya murah, kita akan bereskan itu," janji Ganjar.


KTP Sakti


Lebih jauh Ganjar melanjutkan ada beberapa persoalan yang ia temukan saat berkeliling Indonesia bertemu masyarakat. Masalah itu di antaranya warga masih sulit membeli komoditas bersubsidi, belum mendapatkan jaminan kesehatan dan jaminan pendidikan.


Ganjar menyebut permasalahan ini ada karena kurang rapinya pendataan warga. Ia berjanji akan merapikan data tersebut saat dipercaya menjadi presiden.


Caranya, dengan menggunakan hanya satu data, yakni KTP Sakti untuk semuanya.


"Sehingga seluruh masyarakat yang memang punya hak untuk dijamin oleh negara, cukup dengan membawa KTP, selesai urusannya," tegasnya lagi.


Ajak Pendukung Jaga Kesantunan


Pada kesempatan itu ada tiga hal yang Ganjar sampaikan pada para pendukungnya. Pertama, mengajak para pendukungnya untuk tetap bergerak dalam pemenangan, namun dengan tetap menjaga kesantunan.



Kedua, Ganjar mengajak para pendukung untuk door to door dalam memenangkan Pilpres 2024 nanti.


"Ketuk rumah tetangga, saudara semuanya ajak untuk memilih secara bersama-sama dengan baik-baik," tuturnya.


Ganjar juga mengajak para pendukungnya agar berani dalam memertahankan loyalitas terhadap pilihannya. Termasuk ketika adanya intimidasi terkait pilihan itu. 


"Kalau kemudian bapak ibu setelah itu didatengin orang, ada yang ngancem-ngancem, berani ga?" tanya Ganjar yang langsung disambut dengan teriakan 'berani' dari para pendukung yang didominasi ibu-ibu itu.


"Nah, kalau ada yang ganggu dan kita sudah berjalan pada jalan yang benar, maka laporkan kepada kami, laporkan kepada tim," imbau Ganjar.    


Ketiga atau yang terakhir, mengajarkan calon pemilih cara mencoblos yang benar. 


"Itu sederhana, tapi banyak yang lupa. Sekali lagi sederhana tapi banyak yang lupa," jelasnya.


Caranya kata Ganjar gampang saja. Di antara ketiga paslon itu ada satu yang beda, yaitu rambut putih.


"Inilah seragam yang ori (sambil menunjuk rambut), ini bukan palsu. Cari yang rambutnya seperti ini," pungkas Ganjar.


Selanjutnya Ganjar dan tim melanjutkan kunjungan ke Pasar Proyek Lama, masih di Kota Bekasi juga. 




Komentar

Tampilkan

Terkini

Regional

+